Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 24, 2016

Astronomi Masyarakat Adat Amarasi Raya

Gambar
By: Heronimus Bani Ketika ibadah natal di sekolah, saya diberi kepercayaan untuk memimpin khotbah bernuansa pendidikan. Saya pikir susah juga, tetapi teman guru yang mengasuh mata pelajaran agama memintanya lagi, saya menyanggupinya. Ibadah natal dihadiri oleh siswa kelas 1 - 9  (SD-SMP), para orang tua dan guru. Tema ibadah natal ini mengikuti tema nasional Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah. Saya  tidak menyitir tema itu dalam renungan yang saya antarkan, tetapi mengarahkan para siswa dan peserta ibadah natal pada pengetahuan tentang perbintangan. Setelah membaca bagian dari Kitab Suci (Alkitab) yang mengisahkan tentang perjalanan para majus dari timur dengan petunjuk bintang, saya mengajak para peserta ibadah untuk merenungkan perjalanan panjang para majus dan segala akibat dari perjalanan itu yang ditemui. Tidak kurang pasti ada yang menyenangkan dan juga ada yang tidak menyenangkan. Seluruh perjalanan itu ditempuh dengan berkaki. Jika berkendaraan pun, pastilah unta atau k

Aktif Menemukan Informasi

Gambar
Di sekolah dasar dimana saya mengajar, h ari ini (27/01/2016) di ruang kelas dimana saya mengajar, para siswa dari kelas berbeda berada di dalam ruangan ini tanpa malu-malu. Sesuatu yang tidak biasanya terjadi di sekolah. Jika itu terjadi biasanya terpaksa dilakukan oleh karena dipaksa oleh gurunya. Para siswa Kelas IV masuk ke kelas VI dan menemukan sendiri informasi tentang Kabinet Kerja yang ada pada pamflet yang saya tempelkan di tembok ruang kelas VI. Menariknya, mereka seakan tidak peduli kalau di kelas itu para siswa Kelas VI sedang belajar bersama gurunya. Saya sungguh menyukai suasana ini, dan menikmatinya bersama mereka dalam koridor pembelajaran aktif, menyenangkan.   Sebelumnya, para siswa Kelas VI untuk kesekian kalinya mendapat kesempatan melongok layar monitor laptop dimana, kami semua mencari informasi/pengetahuan tentang GLOBALISASI, pengertiannya, dampak positif-negatif, dan lain-lain. Siswa dan guru sama-sama senang Kalau saja ada dua atau beberapa unit la